Selasa, 18 September 2018

Menyetir Mobil Lexus Tak Perlu Lihat Kaca Spion Samping

Teknologi kamera pengganti kaca spion samping mobil tidak lagi hanya ada pada model konsep. Lexus bakal mencoba teknologi inovatif itu pada model produksi massal ES terbaru yang akan rilis pada Oktober mendatang di Jepang.
Lexus menamakan fitur pengganti spion samping mobil itu Digital Outer Mirror (DOM). Dua layar 5 inci di kabin, yang dipasang masing-masing di pilar A, berguna sebagai penampang hasil tangkapan kamera.
Teknologi kamera diklaim lebih baik ketimbang spion konvensional. Salah satu poin plusnya yaitu menambah visibilitas karena rumah kamera pada eksterior berukuran kecil.
Tim desainer Lexus tidak mengurangi fungsionalitas rumah kamera itu karena masih terintegrasi dengan lampu sein. Ketika pengemudi menyalakan sein atau menggeser gigi ke posisi mundur, kamera berfungsi memantau bagian belakang mobil. Ruang pandang bagian belakang mobil menjadi semakin luas.
Demi menjamin kualitas gambar, Lexus mendesain rumah dan lensa kamera tahan kondisi hujan dan bersalju. Bahkan, DOM akan dilengkapi pemanas demi menghindari kemungkinan embun menutupi lensa.
Hal positif lain dari penggunaan kamera menggantikan spion dipandang dari sisi aerodinamis. Tingkat kebisingan juga berkurang karena koefisien drag yang membaik.

Lexus mengklaim sebagai perusahaan pertama menerapkan teknologi DOM. Meski begitu, fitur serupa sudah ditawarkan sebagai opsi tambahan untuk Audi E-Tron khusus pasar Eropa yang akan segera meluncur.
Saat ini, regulasi spion sebagai kelengkapan wajib di berbagai negara membuat penggunaan Digital Outer Mirror masih terbatas hanya di Jepang. Namun, Audi dan merek otomotif lain diketahui masih melakukan lobi untuk mengesahkan penggunaan teknologi sejenis di Amerika Serikat, meski belum menemui hasil berarti.

sumber : www.cnnindonesia.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar