Sabtu, 22 September 2018

Bagaimana Cara Optimasi Toko Online Agar Banyak Pengunjung?

Memiliki toko online saat ini tidak sesulit dulu. Selain harga yang relatif murah, kini sudah banyak yang menjual toko online yang sudah siap pakai. Ada yang berbayar dan ada juga yang gratis seperti: Situs website Marketplace.
Yang jadi pertanyaan dan masalah sekarang adalah setelah memiliki toko online harus bagaimana? Kalo membuat toko online sih mudah. Tapi, yang sulit itu setelah toko online ada dan siap di pakai, banyak orang yang bingung harus melakukan apa dan bagaimana cara membuat toko onlinenya di kunjungi oleh calon pembeli.
Jika, Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang kebingungan bagaimana cara membuat toko online banyak pengunjung. 5 tips optimasi toko online berikut bisa Anda coba.
1. Optimasi Nama Domain Dengan Kata Kunci
Nama domain yang tepat dan sesuai dengan kata kunci sangat berpengaruh terhadap banyaknya pengunjung yang datang ke toko online Anda. Maka dari itu gunakanlah nama domain yang tepat dan sesuai dengan kata kunci.
Misalnya Anda menjual busana muslim, Anda bisa menggunakan domain wwww.BusanaMuslimMurah.com atau di sinkronkan dengan brand toko online Anda. Seperti www.BusanaMuslimAisyah.com.
Selain itu, usahakan jangan menggunakan nama domain gratisan seperti blogspot atau wordpress. Mengapa? Karena dengan menggunakan nama domain gratisan, bisnis Anda terkesan tidak profesional. Hal ini akan mempengaruhi kepercayaan pengunjung toko online Anda nantinya.
2. Optimasi Desain Template
Template yang elegan dan profesional membuat pengunjung toko online Anda jadi rajin dan sering mengunjungi toko online Anda. Karena, orang lebih sering menilai dari visualisasinya. Jika template toko online Anda tidak menarik, mereka juga akan malas berlama-lama di toko online Anda.
Jika Anda tidak bisa mendesain template, jangan khawatir banyak sekali penyedia template toko online gratis di internet. Ada yang dari blogger, worpress, joomla, dll. Tergantung Anda menggunakan platform apa untuk toko online Anda.
Selain itu, untuk lebih mengoptimasi lagi. Usahakan toko online Anda menggunakan navigasi yang mudah dan terstruktur. Karena akan memudahkan pengunjung untuk mencari produk yang mereka sukai. Tanpa harus kesulitan mencari produk di dalam toko online Anda.
3. Optimasi Warna Toko Online
Ada yang bilang, warna menggambarkan bisnis Anda. Ya, itu sih tergantung Anda menilainya. Sebisa mungkin cari warna yang sesuai dengan karakter produk yang Anda jual di toko online Anda. Misalnya Anda menjual produk anak-anak remaja, usahakan gunakan warna yang terang dan cerah. Karena anak-anak remaja biasanya suka dengan warna-warna terang dan cerah. Optimasi warna ini akan berpengaruh pada sisi kenyamanan pengunjung yang Anda targetkan.
4. Optimasi Blog Toko Online
Blog sangat berpengaruh pada banyaknya pengunjung. Karena dengan adanya blog, calon pembeli Anda akan mencari tahu kegunaan barang yang Anda jual, atau bisa juga sebagai tempat informasi-informasi yang bermanfaat seperti promosi, tips-tips, dll. Maka dari itu, buatlah blog yang di intergrasikan dengan toko online Anda. Buat artikel-artikel yang menarik dan mudah di pahami pengunjung Anda.
Blog juga sangat berpengaruh terhadap SEO (Search Engine Optimasi) toko online Anda terhadap mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. Karena mesin pencari sangat menyukai kata-kata, apalagi jika kata-kata tersebut unik (original) dan informatif. Ini akan berpengaruh pada posisi toko online Anda di situs mesin pencari tersebut.
5. Optimasi Social Media & Fitur-Fitur Lainnya
Social media sangat bagus untuk di jadikan media promosi dan customer service yang powerfull. Karena tidak dapat di pungkiri setiap orang pasti memiliki akun social media. Ini bisa Anda jadikan salah satu strategi marketing toko online Anda.
Usahakan setiap hari Anda selalu memposting foto produk, info produk atau artikel blog yang baru Anda buat di akun social media toko online Anda. Dengan begitu, akan lebih banyak pengunjung yang tau dan mencoba untuk mengunjungi toko online Anda.
Selain social media, Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur lainnya di toko online Anda. Seperti media chat, dengan begitu pengunjung Anda bisa langsung bertanya tentang produk yang Anda jual di toko online Anda.
Bagaimana, mudahkan mengoptimasi toko online Anda agar banyak pengunjung? Kalo memang mudah, jangan lupa di praktekan ya ðŸ™‚
Semoga bermanfaat..
Share:

0 komentar:

Posting Komentar